Manfaat Bersepeda

hancau.net – Beberapa waktu yang lalu olahraga bersepeda mulai ramai digandrungi, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Selain menjadi hobi, bersepeda juga dapat menyehatkan tubuh. Ada pula yang bilang, selain untuk menyehatkan tubuh, bersepeda juga bisa menyehatkan dompet. Manfaat bersepeda sangat besar, terlebih di masa pandemi seperti sekarang. Dimana kita harus lebih aktif menjaga kesehatan tubuh.

Aktivitas fisik seperti bersepeda secara teratur dapat melindungi kita dari risiko penyakit kronis. Seperti obesitas, penyakit jantung, kanker dan juga penyakit mental.

Menurut majalah kesehatan betterhealth yang telah kami rangkum, olahraga sepeda bisa menjadi solusi terbaik untuk mengurangi dampak gaya hidup yang pasif. Inilah beberapa manfaat bersepeda:

Ramah lingkungan

Ini yang paling penting bagi lingkungan sekitar kita. Bersepeda bisa menjadi pilihan bagus untuk mengurangi jejak karbon. Dengan kamu bersepeda ketika pergi ke suatu tempat, hal ini dapat meminimalisir polusi.

Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir kekurangan tempat parkir. Karena tidak mungkin sepeda kamu berukuran lebih besar dari mobil. Kecuali sepeda kamu berada di dalam mobil.

Baca juga: Implan Payudara dan Efek Samping

Menjaga berat badan

Bagi kamu yang memiliki masalah untuk menurunkan berat badan. Tidak ada salahnya untuk mencoba olahraga santai ini. Bersepeda secara rutin, terutama dengan intensitas yang tinggi dapat membantu menurunkan kadar lemak tubuh.

Selain itu, mendorong pengelolaan berat badan yang sehat. Metabolisme akan meningkat dan membentuk otot yang memungkinkan kamu membakar lebih banyak kalori bahkan saat istirahat.

 

Menguatkan kaki

Organ utama yang kita gunakan dalam olahraga sepeda adalah kaki. Dengan rajin bersepeda, dapat meningkatkan fungsi keseluruhan tubuh bagian bawah. Serta memperkuat otot kaki tanpa membuatnya terlalu tertekan.

 

Meningkatkan kesehatan mental

Manfaat bersepeda selanjutnya ialah meningkatkan kesehatan mental. Bersepeda dapat meredakan perasaan stres, depresi atau kecemasan. Fokus pada jalan saat kamu bersepeda, dapat membantu mengembangkan konsentrasi dan kesadaran. Hal tersebut dapat membantu mengalihkan fokus dari masalah yang terjadi pada hari itu.

Jika kamu merasa lesu, cobalah naik sepeda setidaknya selama 10 menit. Olahraga sepeda dapat melepaskan endorfin yang akan membantu kamu merasa lebih baik, sekaligus menurunkan tingkat stres.

 

Itulah tadi beberapa manfaat bersepeda, yang mungkin jarang kita sadari. Semoga ke depannya kita dapat membuat bumi lebih bersih dan terbebas dari polusi. Selamat bersepeda!

Baca juga: Agar Payudara Montok, Berikut Tipsnya

Editor:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *