FigurNews

Komeng: Suara Segar dalam Pemilihan DPD RI 2024

hancau – Foto kece Alfiansyah Bustami alias Alfiansyah Komeng, yang dipake di surat suara buat pilih anggota DPD RI tahun 2024-2029, bikin dia jadi yang paling kece suaranya di Jawa Barat.

Nah, menurut perhitungan cepat KPU sampai 17 Februari 2024, Komeng udah dapet 1.556.735 suara alias sekitar 12,4 persen.

Gimana bisa gitu? Nah, jadi dia pake foto yang beda-beda dan nama panggungnya “Komeng” di surat suara, yang bikin orang-orang jadi penasaran dan mau milih dia.

Suara dari anak-anak STIE Tribuana, kampus yang izinnya dicabut sama Kemendikbud Ristek tahun lalu, sekarang lebih banyak dari suara artis kawakan kayak Jihan Fahira atau politisi kayak Aceng Hulik Munawar Fikri, yang dulu jadi Bupati Garut.

Banyak yang percaya, Komeng bakal jadi yang nomor satu di pilihan anggota DPD dari Jawa Barat. Kalau nggak ada halangan, Komeng bakal jadi senator DPD RI tahun ini.

Foto-foto para calon anggota DPD di surat suara, termasuk Komeng, memang lebih kreatif ketimbang foto calon presiden dan wakil presiden di Pemilu 2024. KPU kasih kebebasan buat calon anggota DPD untuk pake foto yang unik dan khas.

Ada yang pake properti juga, misalnya pake pakaian adat, topi koboi, caping, atau foto sambil ngeliat wayang kulit. Tapi ada juga yang foto formal, kayak pas foto biasa.

Beda lagi dengan surat suara buat pilih anggota DPR atau DPRD, yang nggak ada fotonya. Jadi para calon cuma bisa ngandelin nomor urut, logo partai, dan namanya di surat suara.

Komeng sadar banget akan fleksibilitas di surat suara buat pilih anggota DPD. Makanya, langkah pertamanya buat ngeyakinin orang-orang pilih dia pas hari pencoblosan adalah bikin nama panggung jadi nama resmi di surat suara.

Jadi, tahun 2023 dia ngajuin permohonan ke Pengadilan Negeri buat ganti nama resminya jadi Alfiansyah Komeng, sebelum dia mendaftar ke KPU. Dan di awal Mei 2023, permohonannya dikabulkan.

Tapi yang bikin unik, Komeng nggak ubah nama Alfiansyah Bustami-nya jadi cuma “Komeng” aja, kayak yang Uya Kuya lakuin dari nama resmi jadi Surya Utama.

Komeng malah bikin “Komeng” jadi nama kedua, setelah “Alfiansyah”. Jadi, nama Alfiansyah tetep dipake. Dia bikin begini supaya bisa dapet nomor urut kecil.

Nah, nomor urut Komeng itu nomor 10. Sementara calon anggota DPD RI dari Jawa Barat jumlahnya 54. Tapi nomor urut buat calon anggota DPD RI itu diputuskan berdasarkan abjad.

Jadi, kalau nama Alfiansyah Bustami diganti jadi cuma “Komeng”, dia bakal dapet nomor urut 40. Kalau gitu, bisa memengaruhi posisi foto Komeng di surat suara.

Editor:

Avatar

Hancau Press

Hancau Press merupakan portal informasi dan bagian dari jaringan hancau.net Hancau diambil dari kata dalam bahasa Banjar yang menggambarkan sebuah alat untuk menangkap ikan. Bentuknya mirip tangguk ikan, tetapi lebih besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *