Bekerja Secara Remote? Ini Kunci Suksesnya!

hancau.net – Pandemi yang sedang terjadi memaksa beberapa orang harus bekerja di rumah. Bahkan, beberapa dari mereka harus merasakan pemutusan hubungan kerja secara sepihak dari perusahaan. Salah satu solusi terbaik untuk bekerja sekarang ialah bekerja secara remote.

Ada beberapa kunci sukses untuk bisa memulai bekerja secara remote, berikut penjabarannya.

Mental dan Tekad

Sejatinya bekerja secara remote itu susah-susah gampang. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan mental dan tekad yang kuat. Dengan mental dan tekad yang kuat, kamu bisa menghadapi berbagai rintangan dalam meraih sukses sebagai pekerja remote yang andal.

Untuk memulainya cukup mudah. Ada beberapa situs pencarian kerja seperti Upwork, freelancer.com atau lainnya. Namun, persaingan di situs-situs tersebut lebih luas dan global. Maka dari itu, persiapan tekad dan mental sangat penting.

Alat Kerja

Bekerja secara remote, berarti kamu harus siap untuk menyediakan alat kerja yang memadai.

Minimal alat kerja yang harus kamu punya adalah laptop atau komputer dan handphone. Kedua perangkat ini sangat penting untuk menunjang pekerjaan kita. Entah itu untuk menulis, ngoding atau mendesain.

Selain itu, dukungan koneksi internet yang stabil menjadi penunjang utama dalam bekerja. Apabila koneksi internet tidak stabil, ujung-ujungnya akan berpengaruh buruk pada produktivitas kerja kita.

 

Skill dan Portfolio

Kunci sukses untuk memulai bekerja secara remote ialah, kamu harus mempersiapkan skill dan porfolio terbaru.

Ada beberapa pekerjaan yang cocok untuk dikerjakan secara remote. Antara lain, menulis, desain grafis, digital marketing, SEO Specialist, marketing, web developing, video editing, dan lain sebagainya.

Semakin bagus skill kamu, maka peluang kamu untuk mendapatkan pekerjaan semakin besar.

Jika kamu sudah menentukan skill, maka kamu wajib membuat portfolio.

Portfolio ini berguna untuk membuktikan kepada calon klien tentang beberapa project yang pernah kamu kerjakan. Bila kamu mempunyai uang lebih, tak ada salahnya membangun website personal. Atau jika ingin berhemat, kamu bisa menggunakanbeberapa situs portfolio populer. Seperti Dribbble, Behance, Medium, ataupun Devianart.

 

Displin Diri

Tantangan terberat bagi seorang yang bekerja secara remote adalah fokus.

Bekerja secara remote tidak sama seperti bekerja di kantor pada umumnya. Di kantor kamu memiliki atasan yang akan mengingatkan deadline pekerjaanmu langsung.

Sementara, bekerja secara remote dilakukan secara mandiri dan tidak ada yang mengingatkan. Makin cepat kamu mengerjakan, makin cepat kamu mendapatkan bayaran. Inilah kenapa displin diri sangat penting untuk memulai pekerjaan ini.

Kamu harus memiliki agenda yang terstruktur dalam bekerja. Kapan mulai kerja, kapan saatnya istirahat, dan kapan berhenti kerja.

 

Penguasaan Bahasa Inggris

Beberapa perusahan di Indonesia itu sangat jarang membuka lowongan kerja secara remote. Alhasil, kamu harus hunting pekerjaan tersebut ke luar negeri.

Hal ini membuat kamu, harus bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Seperti yang kita tahu, bahasa Inggris adalah bahasa global di perusahaan luar negeri.

Jika kamu masih belum lancar berbahasa Inggris. Saya sarankan perbanyak belajar.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Misalnya saja, dengan bergabung dengan forum-forum berbahasa Inggris. Baca artikel bahasa Inggris atau dengerin lagu bahasa Inggris.

Menurut saya hal yang mudah untuk kamu bisa mempelajari bahasa Inggris ialah dengan menonton film. Menonton film merupakan kegemaran hampir semua penduduk bumi. Jadi, sembari memberi hiburan kepada diri sendiri. Kamu bisa sambil belajar bahasa Inggris di film tersebut.

 

Otodidak

Ini adalah hal penting dan sangat mendasar bagi kamu yang ingin memulai bekerja secara remote. Untuk meningkatkan kompetensi diri, kamu wajib belajar secara otodidak lebih dalam.

Ada banyak cara untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuanmu. Di Indonesia sendiri, sudah banyak situs belajar online untuk meningkatkan kompetensi diri. Tinggal kamu pilih mana yang cocok dengan bidangmu.

 

Dompet Virtual, Paypal, dan Rekening Bank

Untuk bekerja secara remote kamu akan mendatkan bayaran yang akan ditransfer. Jika pekerjaan dari luar negeri, biasanya mereka menggunakan paypal. Untuk dalam negeri bisa menggunakan rekening bank lokal.

Selain itu, dompet virtual pun perlu kamu miliki. Kenapa? Untuk mempermudah calon klien untuk membayar jasamu di kemudian hari.

 

Itulah tadi beberapa kunci sukses untuk kamu yang berminat bekerja secara remote. Semoga sukses!

Baca juga: Kode Etik, Etika Dalam Berkode, Kode Dalam Beretika

Hancau Press

Hancau Press merupakan portal informasi dan bagian dari jaringan hancau.net Hancau diambil dari kata dalam bahasa Banjar yang menggambarkan sebuah alat untuk menangkap ikan. Bentuknya mirip tangguk ikan, tetapi lebih besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.