Guru Zuhdi

hancau.netInna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Satu lagi ulama karismatik Kalimantan Selatan berpulang ke Rahmatullah. Abah Guru Zuhdi menghembuskan nafas terakhirnya dalam usia 48 tahun. Sabtu, 2 Mei 2020 7.40 WITA.

Perjalanan Hidup Abah Guru Zuhdi

Lahir pada tanggal 10 Februari 1972 dengan nama Ahmad Zuhdiannoor. Ayahnya bernama KH. Muhammad (pimpinan Al Falah setelah KH. Tsani). Ayahnya adalah sahabat dari Abah Guru Sekumpul (Muhammad Zaini Abdul Ghani). Sekaligus murid dari KH. Anang Sya’rani Arief.

Pada masa awal Guru Zuhdi membuka pengajian / majelis. Jemaahnya tidaklah sebesar dan seramai sekarang. Isi pengajian yang beliau bawakan ialah catatan tangan majelis Abah Guru Sekumpul. Tidak heran, lama kelamaan jumlah jemaah yang hadir pun setiap minggu terus bertambah. Salah satunya untuk mengobati rasa rindu kepada Abah Guru Sekumpul.

Gaya pengajian Guru Zuhdi hampir sama dengan Abah Guru Sekumpul. Mulai dari cara beliau bermajelis, serta humor-humor yang sering beliau lemparkan kepada jemaah. Walaupun begitu, banyak yang tidak berani menyamakan kedudukan beliau dengan Abah Guru Sekumpul.

Abah Guru Zuhdi sempat mengaji di tempat kakeknya di Alabio. Tak lama sang kakek meninggal, pulang Ke Banjar berguru langsung dengan ayahnya sendiri. Setelah itu mengaji ke tempat Mualim Sukur, di Teluk Tiram Banjarmasin. Setelah Mualim meninggal, ayahnya menyerahkan beliau ke tempat Abah Guru Sekumpul.

Kalimat pertama yang keluar dari mulut Abah Guru Sekumpul kepada ayahnya, “Muhammad, Ikam handak tahulah, anak ikam tu kenanya ‘Alim pada ikam,” Abah Guru Sekumpul Kasyaf.

Baca juga: Alasan Abah Guru Sekumpul Merokok

Dalam setiap majelisnya, Abah Guru Zuhdi selalu berpesan. “Karamkan perasaan ikam, kalau ikam ada di Majelis Abah Guru Sekumpul, dirasakan kalau yang, membacakan kitab itu Abah Guru Sekumpul, lain aku.” Kemudian beliau melanjutkan, “Aku pun mengaramkan perasaanku kalau yang membacakan kitab adalah Abah Guru Sekumpul, lain aku.”

Seperti itulah adab mengaji di majelis yang beliau bawakan. Terlihat dengan jelas bahwa beliau selalu ingin memuliakan guru-guru yang pernah beliau kaji ilmunya. (fix)

Editor:

One thought on “Guru Zuhdi dan Adab Majelis Abah Guru Sekumpul”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *